Marketer eCommerce di Asia Tenggara hanya menggunakan 20% dari emoji dengan performa terbaik: Art of Emoji Report dari CleverTap

  • Bagikan
Marketer eCommerce di Asia Tenggara hanya menggunakan 20% dari emoji dengan performa terbaik: Art of Emoji Report dari CleverTap

JAKARTA, ( Waspada); Indonesia, 8 Maret 2024 – CleverTap, all-in-one engagement platform, hari ini meluncurkan Art of Emoji Report edisi eCommerce untuk menunjukkan emoji mana yang paling sering digunakan, mana yang paling efektif, dan emoji mana yang harus dihindari. Sejak diperkenalkan pada 1998, emoji adalah medium yang sangat efektif untuk mengkomunikasikan tone, subteks, ironi, dan hal lain yang tidak bisa disampaikan melalui teks biasa. Menurut Emojipedia Annual Report 2023, ada lonjakan menakjubkan sebesar 77% YoY dalam penggunaan emoji.

Saat ini, banyak brand telah mendapati besarnya value yang terkandung dalam emoji, di mana 60% push notification yang dikirimkan di seluruh dunia mengandung emoji. CleverTap Art of Emoji Report mendapati bahwa notifikasi yang mengandung emoji telah mendorong orang melakukan klik 12% lebih besar ketimbang notifikasi tanpa emoji. Dengan demikian, banyak brand melihat emoji sebagai tools yang persuasif dan bisa diakses untuk membangun hubungan lebih kuat dengan pelanggan mereka.

CleverTap menganalisa 10 miliar data point dari 40 juta push notification yang dikirim oleh platform eCommerce di seluruh dunia, untuk memahami preferensi pelanggan, dampak dari emoji dan bagaimana marketer memanfaatkannya. Didapati bahwa perusahaan-perusahaan eCommerce, terlepas di kawasan mana perusahaan ini berada, baru menggunakan 20% emoji yang punya performa terbaik dalam pesan mereka; sementara di beberapa kawasan, hingga 30% emoji yang paling sering digunakan malahan tidak memiliki performa yang baik.

Untuk membantu marketer membangun engagement yang lebih baik dengan pelanggan mereka melalui emoji, laporan ini menguraikan performa dari berbagai emoji berdasarkan kawasan, seperti emoji yang paling banyak digunakan, emoji yang punya performa paling baik, dan emoji yang wajib dihindari. Berikut adalah beberapa contoh dari laporan tersebut:

Marketer eCommerce di Asia Tenggara hanya menggunakan 20% dari emoji dengan performa terbaik: Art of Emoji Report dari CleverTap

Dari yang baru dan unik, hingga yang banyak digunakan di perangkat apa saja, emoji sudah berkembang pesat. Emoji sudah ‘mendarah daging’ dalam komunikasi modern dan membantu kita menyampaikan jauh lebih banyak hal ketimbang sekadar teks yang terbatas.

“Emoji adalah tools ampuh yang bisa digunakan oleh marketer manapun, yang mana saat digunakan dengan baik, emoji secara instan akan membuat pesan terasa hidup. Namun, sama seperti komunikasi personal, menggunakan emoji secara serampangan akan membingungkan penerima,” kata Joe Maulana Harahap, Country Manager Indonesia, CleverTap. “Marketer harus bereksperimen dengan berbagai emoji untuk menemukan emoji mana yang paling efektif untuk target audiens mereka, namun hanya digunakan ketika konteksnya relevan. Kalau tidak, potensinya bakal hilang. Ingat bahwa Anda ingin menjaga agar segala sesuatunya tetap fresh, selalu relate, dan yang terpenting, peka terhadap budaya yang ada ketika Anda harus menggunakan tools persuasif semacam itu di dalam marketing toolbox Anda.

Berbicara mengenai masa depan emoji dalam customer engagement, Joe menambahkan, “dengan kemajuan di dalam MarTech, brand-brand akan mampu mempersonalisasikan pengalaman ini dengan fokus pada emoji-emoji yang bekerja paling efektif pada pengguna mereka secara individual. Pada akhirnya, emoji akan disesuaikan secara dinamis berdasarkan sentimen dan konteks pembicaraan, sehingga meningkatkan kedalaman emosi dalam komunikasi. Bersamaan dengan hal tersebut, semakin banyak integrasi emoji dengan AR/VR (seperti Apple Animojis) akan membuat pelanggan dapat mengekspresikan diri mereka dengan lebih jelas di lingkungan yang imersif. Ia akan mendefinisikan kembali cara pelanggan berinteraksi dengan produk dan layanan, meningkatkan pengalaman berbelanja mereka secara keseluruhan.”

Tentang CleverTap
CleverTap adalah all-in-one engagement platform yang membantu brand membuka value seumur hidup yang tanpa batas dari pelanggan, dengan membantu mereka menciptakan pengalaman yang dipersonalisasikan untuk mempertahankan pelanggan mereka yang paling berharga. Platform ini memberdayakan perusahaan-perusahaan untuk mengorkestrasi berbagai pengalaman individual di seluruh siklus hidup mereka dan mendesain perjalanan terpersonalisasi seumur hidup.

Ia menawarkan analitik yang mencakup setiap aspek dalam siklus hidup, memungkinkan perusahaan untuk mengukur dan mengoptimalkan tiap pengalaman secara real time. Kemampuan AI-nya yang unik sangat penuh dengan insight, empati, dan preskriptif, membantu pengambilan keputusan yang lebih cerdas dan lebih cepat. Platform all-in-one ini menyatukan pengalaman dari setiap touchpoint, membuka jalan menuju era baru dalam customer engagement.
Platform yang ditenagai oleh TesseractDB™ – database pertama di dunia khusus untuk customer engagement, yang menawarkan kecepatan dan skala keekonomian.
CleverTap dipercayai oleh 2000 pelanggan, termasuk Electronic Arts, TiltingPoint, Gamebasics, Big Fish, MobilityWare, TED, English Premier League, TD Bank, Carousell, AirAsia, Papa John’s, dan Tesco.

Didukung oleh investor-investor terkemuka seperti Peak XV Partners, Tiger Global, Accel, CDPQ, dan 360 One, perusahaan ini berkantor pusat di Mountain View, California, dengan kantor cabang di San Francisco, New York, São Paulo, Bogota, London, Amsterdam, Sofia, Dubai, Mumbai, Bangalore, Singapura, dan Jakarta..

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi clevertap.com atau ikuti kami di:
LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/clevertap/
X: https://twitter.com/CleverTap

Tentang CleverTap Elevate
Di CleverTap, kami memahami bahwa menguasai seni berinteraksi dengan pelanggan adalah perjalanan maju yang berkelanjutan. Inilah mengapa kami menciptakan ‘Elevate’ – program thought leadership yang didesain untuk menginspirasi dan memandu marketer hari ini melalui the known unknowns dan menuju ke the depths of the unobvious. ‘Elevate’ adalah gabungan dari insight, pemikiran, dan perspektif, yang menyatukan penelitian mendalam, sudut pandang dari para pakar, dan konten menarik untuk memberdayakan brand dalam menavigasi paradigma teknologi dan membuat keputusan yang tepat tentang strategi customer engagement mereka.

‘Elevate’ adalah di mana keingintahuan bertemu dengan kejelasan, menawarkan sudut pandang ke depan dari thought leaders CleverTap dan dari seluruh industri, membangun customer engagement yang berarti.
Bersama, mari ubah insights menjadi aksi, pemikiran menjadi kampanye dan perspektif menjadi jalan menuju pengalaman pelanggan yang tak tertandingi.
Kami mengundang Anda untuk bergabung bersama kami dalam perjalanan untuk mengangkat customer engagement. Tetap terhubung dengan CleverTap Elevate melalui blog, webinar dan media sosial kami untuk mendapatkan insight, penelitian dan though leadership terbaru. Mari bersama-sama membuka kekuatan dari customer engagement yang sesungguhnya.(relis)

  • Bagikan