Dibuka Wamenag, 300 Pemuda Buddhis Peringati Sumpah Pemuda

  • Bagikan

JAKARTA (Waspada): Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki membuka kegiatan  Talk Show Muda Berkarya ‘Pemuda Buddhis Indonesia’ yang digelar Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) di Auditorium Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Sabtu (28/10/2023). Talk Show Muda berkarya “Pemuda Buddhis Indonesia, diikuti oleh 300 peserta berasal dari  23 organisasi Pemuda Keagamaan Buddha wilayah DKI Jakarta dan berbagai wilayah lain di Indonesia.

Wamenag didampingi Direktur Jenderal Bimas Buddha,  Supriyadi dan Direktur Urusan Agama Buddha Nyoman Suriadarma.

Dalam pidatonya, Wamenag mengingatkan kembali peran pemuda dalam  tentang tonggak sejarah perjuangan bangsa. Saat itu, para pemuda bersatu, tanpa memandang suku, agama dan status sosial.

“Persatuan di kalangan pemuda, termasuk pemuda-pemudi Buddhis Indonesia, harus terus diperkuat supaya Indonesia semakin damai dan maju,” ujar Saiful.

Pemuda Buddhis juga diharapkan berperan aktif dalam ikut menjaga kedamaian menyongsong tahun politik 2024. Demikian juga tentang gaung moderasi beragama, yang sesungguhnya telah menjadi kebiasaan dan budaya bangsa Indonesia.

Dalam kegiatan Talk Show tersebut, para Pemuda Buddhis  melakukan ikar bersama dengan berpedoman pada, Ikrar Sumpah Pemuda, tahun 1928.

Ikrar yang dibacakan adalah:

1. Menjaga kerukunan, dan memelihara keragaman suku, ras, bahasa, agama, dalam bingkai, Negara Kesatuan Republik Indonesia;

2.   Melawan segala bentuk radikalisme, yang merusak sendi-sendi kehidupan, berbangsa dan bernegara;

3.   Berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilu tahun dua ribu dua puluh empat, yang aman, tertib, lancar, damai, dan berkeadilan;

4.   Mendukung Candi Borobudur, sebagai destinasi religi umat Buddha Indonesia, dan dunia, serta pemasangan Chatra, untuk meningkatkan keyakinan.
(J02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *