Platform Alef Education Media Guru Madrasah Untuk Atasi Mathematics Learning Loss Siswa

  • Bagikan
Platform Alef Education Media Guru Madrasah Untuk Atasi Mathematics Learning Loss Siswa

Oleh Arfi Wahyuni, S.Pd., M.Pd

PENDIDIKAN adalah usaha sadar yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan potensi peserta didik dalam berbagai aspek yang melalui kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran melibatkan berbagai komponen yaitu peserta didik, guru, tujuan pembelajaran, isi pembelajaran, metode, media dan evaluasi.

Menurut Suprayekti (2003) tujuan pembelajaran adalah perubahan perilaku yang positif dari peserta didik setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar, seperti perubahan yang secara psikologis akan tampil dalam tingkah laku yang dapat diamati melalui alat indra oleh orang lain baik tutur katanya, motorik maupun gaya hidupnya.

Sebagai salah satu komponen dalam kegiatan belajar mengajar, guru memiliki posisi yang menentukan keberhasilan pembelajaran, karena fungsi utama guru adalah merancang, mengelola, dan mengevaluasi pembelajaran.

Ausubel (1968) mengatakan, bahwa guru bertugas mengalihkan seperangkat pengetahuan yang terorganisasi sehingga pengetahuan tersebut menjadi bagian dari sistem pengetahuan siswa.
Matematika merupakan suatu mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan di Indonesia mulai dari SD/MI sampai SMA/MA. Matematika adalah pelajaran yang cenderung bersifat abstrak. Oleh karena itu sangat diperlukan pemahaman konsep yang baik. Selain itu untuk memahami konsep baru dibutuhkan prasyarat pemahaman konsep sebelumnya.

Menurut Fowler dalam Pandoyo (1992) matematika merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak sehingga dituntut kemampuan guru untuk dapat mengupayakan metode dan media yang tepat sesuai dengan tingkat perkembangan mental peserta didik.

Munculnya wabah Covid 19 pada tahun 2020 lalu mengakibatkan dampak luar biasa dalam dunia pendidikan. Begitu banyak problema yang dihadapi oleh guru. Sampai saat ini dampak perubahan masih dirasakan guru.  Terjadinya learning loss pada siswa di semua mata pelajaran, terutama pada mapel Matematika.

Tingkat konsentrasi siswa yang jauh menurun, serta lemahnya semangat dan motivasi belajar matematika adalah dampak yang sangat dirasakan oleh guru di dalam kelas.

Pembahasan

Alef Education adalah sebuah perusahaan teknologi pendidikan dunia yang berpusat di ibukota Uni Emirat Arab (UEA) Abu Dhabi. Platform Alef pertama kali muncul pada tahun 2015 ketika di konseptualisasikan sebagai metode pendidikan berbasis teknologi untuk memenuhi kebutuhan sistem sekolah di UEA.

Pada bulan November 2020, Alef Education dan Kementerian Agama RI telah membuat kesepakatan untuk mentransformasikan sektor pendidikan Indonesia dengan menggunakan teknologi canggih yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa madrasah. Saat ini Alef Education sudah menyajikan materi untuk 3 pelajaran yaitu Matematika (MTs), Bahasa Inggris (MTs), dan Bahasa Arab (MI-MA).

Platform Alef Education yang berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sudah dirancang dan menyesuaikan dengan kurikulum pendidikan untuk pelajaran Matematika. Alef menggunakan metode Gasing (Gampang, Asyik dan Menyenangkan) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa.

Selain itu konten-konten yang menarik secara visual, sederhana, intuitif, dan mudah digunakan oleh siswa dan guru dalam mendukung pembelajaran baik di dalam kelas, di luar kelas, maupun secara hybrid semakin menambah kelebihan platform ini.

Beberapa fitur platform Alef yang dapat digunakan oleh siswa dan guru yaitu :
1. Konten. Platform Alef menyajikan video pembelajaran yang sangat menarik. Siswa dapat belajar secara mandiri maupun berkelompok baik di kelas maupun di luar kelas. Dalam setiap kartu pelajaran, selain video terdapat juga bermain dan tes pengertianmu yang dapat di akses siswa.

2. Berisi beberapa kartu ulangan. Nilai siswa akan langsung terinput ke akun guru.

3. Guru dapat memantau kemajuan belajar siswa secara pribadi maupun klasikal.

4. Guru dapat membuat kolaborasi di dalam kelas.

5. Guru dapat mengidentifikasi siswa dengan kesulitan belajar.

6. Guru dapat mengatur konten pelajaran yang akan dipelajari siswa.

7. Guru dapat menambahkan tugas kepada siswa.

8. Guru dapat menambahkan permainan yang dapat dimainkan secara klasikal. Fitur ini sangat disukai siswa, dan mereka berharap sebelum pembelajaran berakhir guru memberikan permainan ini. Dalam permainan ini siswa akan berjuang untuk mendapat 5 ranking teratas.

9. Guru dapat memberikan bintang dan sertifikat penghargaan kepada siswa. Hal ini akan memacu siswa untuk terus belajar demi mendapatkan bintang dan sertifikat dari guru.

10. Guru dapat mendownload nilai siswa dan dilaporkan kepada orang tua.

Menteri Agama Yaqout Cholil Qoumas dalam sambutannya pada lounching Platform Alef tahun 2021 mengatakan bahwa kehadiran platform ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan siswa dan guru dalam pembelajaran. Platform ini juga diharapkan dapat mempercepat program Digitalisasi Madrasah yang sedang digaungkan.

Sedangkan Direktur Kurikulum Sarna dan Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kemenag RI Moh. Isom menghimbau kepada guru madrasah di seluruh wilayah Indonesia untuk memaksimalkan penggunaan platform ini untuk meminimalisir dampak mathematics learning loss pada siswa.

Penutup

Salah satu dampak yang muncul akibat Covid 19 adalah learing loss pada mata pelajaran Matematika. Penurunan kemampuan siswa dalam belajar matematika ditandai dengan menurunnya minat dan motivasi siswa. Alef hadir mengatasi masalah tersebut.

Konten dan fitur yang disajikan membuat siswa tertarik dan termotivasi dalam belajar baik di kelas, diluar kelas, maupun secara hybrid. Selain bermanfaat untuk siswa, platform ini pun sangat bermanfaat untuk guru. Fitur manajemen kelas, kemajuan kelas, kemajuan siswa, dll tersaji di alef. Modernisasi pembelajaran digital yang digalakkan pemerintah pun dapat terlaksana secara optimal.

(Penulis adalah guru Matematika di MTsN 1 Deli Serdang)

  • Bagikan