Perkuat Kuliah Online, ICE Institute dan UT Gandeng Tsinghua University

  • Bagikan
Perkuat Kuliah Online, ICE Institute dan UT Gandeng Tsinghua University

TANGERANG SELATAN (Waspada): Pemerintah terus mengupayakan peningkatan akses pembelajaran pendidikan tinggi berbasis online. Hal itu, salah satunya, dibuktikan lewat penandatanganan perjanjian kerjasama antara XuetangX dan Indonesian Cyber Education Institute (ICE) Institute.

Seremonial penandatanganan ini dilakukan oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dan Director of Online Education Center of Tsinghua University, Wang Xiaoxiao.

Sebagaimana diketahui, Universitas Terbuka (UT) mewadahi ICE-Institute yang merupakan pusat kuliah online yang terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

ICE menyelenggarakan bermacam kuliah online dari banyak Perguruan Tinggi dan penyedia pembelajaran daring di seluruh Indonesia. Tujuan utama dari ICE Institute adalah untuk memfasilitasi penyediaan pendidikan berkualitas sekaligus menjamin kualitas layanan pembelajaran daring dan pendidikan jarak jauh.

“Lewat ICE Institute, pengguna akan termudahkan dalam memilih kuliah online yang tepat untuk pengembangan karir di era Industri 4.0,” ujar Rektor UT, Prof Ojat Darojat, Selasa (20/6/2023) dalam kegiatan Symposium on Digital Transformation Leading the Change in Higher Education akan diselenggarakan di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Tangerang Selatan.

Simposium ini merupakan salah satu upaya bersama antara UT, ICE Institute, Tsinghua University, dan XuetangX sebagai bagian dari kerjasama tersebut.

UT bersama ICE Institute, Tsinghua University, dan XuetangX telah terlibat kerjasama sejak tahun 2022 yang lalu, meliputi pertukaran mata kuliah, pengembangan mata kuliah bersama, pertukaran tenaga ahli, dan pelatihan bersama.

Penyelenggara dari simposium ini adalah UT, ICE Institute, Tsinghua University, XuetangX, sedangkan Co-Organizers yaitu World Bank, UNESCO-ICHEI, Global MOOC and Online Education Alliance, ThaiMOOC. Peserta symposium merupakan para partner dari berbagai Universitas dan para kolega dari ICE Institute dan XuetangX.

Simposium dihadiri Plt Dirjen Dikti Ristek Kemendikbudristek, Prof Nizam; Mr. Song Yi – Deputy Director, Department of Higher Education, Ministry of Education, People’s Republic of China (Video); Mr. Noah Yarrow – Senior Education Specialist, World Bank; Ms. Xiaoxiao Wang – Director of Online Education Center of Tsinghua University; Mr. Chen Wei – Director of XuetangX.(J02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *