Capai Target 500 Ribu Mahasiswa, UT Gelar Syukuran

Tetap Bekomitmen Meningkatkan Kualitas

  • Bagikan
Capai Target 500 Ribu Mahasiswa, UT Gelar Syukuran

TANGERANG SELATAN (Waspada): Menandai keberhasilan atas capaian target 500 ribu mahasiswa, Universitas Terbuka (UT) menggelar acara syukuran, Selasa (19/9/2023). Acara digelar secara hibrid di Auditorium UT dan dihadiri seluruh pegawai UT Pusat, UT Daerah, Rektor UT Prof Ojat Darojat,l beserta para wakil rektor serta dua Rektor UT terdahulu yakni Prof Atwi dan Prof Tian Belawati.

“Puji Syukur, Alhamdulillah, ini sangat luar biasa. Saya sangat bangga dan terharu menyaksikan apa yang telah bapak/ibu lakukan di semua lini untuk mencapai target 500.000 mahasiwa ini. Rekan-rekan berjuang tanpa kompromi, memegang teguh keyakinan akan harapan dan mimpi yang bisa kita raih, “Unyielding Hope” (harapan yang pantang menyerah). Melalui perjuangan yang sangat panjang, kerja keras, komitmen dan membangun kerjasama tim yang sangat solid. Akhirnya kita bisa mencapai setengah juta mahasiswa. Ini adalah milestone UT menuju satu juta mahasiswa, we will get there, Insya Allah,” ujar Ojat dalam pidato sambutannya, yang disambut gemuruh tepuk tangan hadirin.

Pencapaian jumlah layanan kepada lebih dari 500 ribu mahasiswa ini sesuai target yang ditetapkan pimpinan UT sebagai milestone untuk menigkatkan akses layanannya menuju 1 juta mahasiswa pada beberapa tahun mendatang.  Capaian jumlah mahasiswa seetengah juta lebih pada masa registrasi 2023.2 ini menunjukkan UT makin dicintai dan menjadi pilihan masyarakat untuk melanjutkan studi.

Ditambahkan Ojat, mendapatkan kepercayaan dan daya tarik yang luar biasa dari masyarakat Indonesia tidaklah mudah. Upaya yang terus dilakukan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya melanjutkan studi pada pendidikan tinggi oleh UT membuahkan hasil.

“UT selama ini selalu menggaungkan selling point-nya sebagai PTN dengan sistem perkuliahan yang fleksibel, berkualitas, dan biaya pendidikan yang sangat terjangkau, sehingga menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat untuk menggapai cita-citanya, meraih gelar sarjana untuk masa depan yang lebih baik,” imbuh Rektor UT.

Meski telah mencapai target 500 ribu lebih mahasiswanya, UT tetap memegang teguh komitmen pada pelayanan terbaik. Artinya, kuantitas mahasiswa harus berbanding lurus dengan kualitas.

”Bagaimana kita bisa menyediakan dan melayani mereka dengan baik, agar mereka dapat kuliah tanpa mengalami kendala yang berarti dan dengan hasil akhir yang baik. Oleh karena itu, kita harus memastikan infrastruktur yang kita bangun, kegiatan pembelajaran yang kita lakukan, dan keseluruhan sumber daya yang dibutuhkan harus dicukupkan dengan tetap mengedepankan kredo better, cheaper, and faster. Better dalam kualitasnya, cheaper dalam biayanya, dan faster dalam prosesnya,” tegas Prof Ojat.

UT ke depan, lanjut Ojat, akan  lebih meningkatkan program-program Customer Relationship Management, Customer Care, Customer Intimacy dan sejenisnya. Menjadi sangat penting dari semua lini layanan yang dikoordinasikan oleh Ketua Program Studi masing-masing

“Ini supaya attrition rate bisa menurun, sehingga penting bagi para Kaprodi untuk memelihara dan membangun retensi mahasiswa,” pungkas Ojat. (J02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *