70 Persen Mahasiswa UT Generasi Milenial

  • Bagikan
70 Persen Mahasiswa UT Generasi Milenial

TANGERANG SELATAN (Waspada): Citra Universitas Terbuka (UT) sebagai kampusnya orang-orang tua, kini mulai bergeser. Terbukti sampai semester pertama tahun ini, sebanyak 70 persen dari sekira 450 ribu mahasiswa UT, adalah mereka berusia di bawah 30 tahun atau biasa disebut generasi milenial.

Rektor UT, Prof Ojat Darojat mengatakan, fenomena itu sangat disyukuri, sebab menandai era baru UT sebagai kampus milenial, bahkan masuk ke generasi Z.

“Dominasi kaum muda yang berkuliah di UT tentu saja akan memberi dampak signifikan bagi peningkatan Angka Partisipasi Kasar  atau APK perguruan tinggi kita,” ujar Ojat, di tengah acara wisuda UT, di Auditorium UT Pusat, Selasa (25/7/2023). 

Diakuinya, sejumlah strategi dijalankan guna mewujudkan capaian tersebut. Diantaranya adalah melakukan sosialisasi ke berbagai sekolah menengah pertama di daerah-daerah tentang UT. Apa saja kelebihan kuliah di UT, disampaikan secara masif oleh para staf UPBJJ UT di seluruh Indonesia.

Di sisi lain, UT juga merangkul sejumlah tokoh pemerintahan daerah, nasional, atlit, pesohor sampai pemengaruh (influencer) yang kuliah di UT, untuk sama-sama berbagi pengalaman selama menimba ilmu.

“Dengan strategi-strategi itu, alhamdulillah bisa dilihat hasilnya berdasarkan data yang ada,” tambah Ojat.

Ojat lantas menyebut Rey Mbayang,  penyanyi dan pemain sinetron yang kali ini ikut dalam wisuda UT. Menurutnya, Rey adalah salah satu contoh influencer yang berhasil untuk mendisiplinkan diri belajar di UT. Kesibukan luar biasa, bukan halangan bagi Rey untuk lulus strata 1 ilmu manajemen UT.

“Di UT ini sebagian besar mahasiswanya memang bekerja, baik itu di sektor formal maupun informal. Artinya, generasi muda masa kini sudah sangat paham kebutuhan menimba ilmu itu sama penting dengan mencari nafkah. Dan UT menjawab kebutuhan itu,” papar Ojat.

Rey Mbayang yang hadir dalam sesi jumpa media saat itu mengaku bahagia bisa lulus sarjana UT. Dia merasa penting untuk menimba ilmu, supaya pekerjaannya lebih baik lagi.

“Saya sengaja ambil manajemen dengan harapan saya punya ilmu untuk berbuat lebih baik di bidang saya,” ujar pria berusia 24 tahun itu.

UT sendiri saat ini telah memasuki status Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Artinya UT dapat lebih leluasa lagi dalam mengelola perguruan tinggi supaya lebih baik dari berbagai sisi. (J02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *