Iswanto Pantau Input Data Hasil Pemilu Di Kecamatan

- Aceh
  • Bagikan
Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto memantau input data hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 secara acak di sejumlah kecamatan yang ada di Aceh Besar, Jumat (16/2). (Waspada/Ist)
Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto memantau input data hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 secara acak di sejumlah kecamatan yang ada di Aceh Besar, Jumat (16/2). (Waspada/Ist)

KOTA JANTHO (Waspada): Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto memantau input data hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 secara acak di sejumlah kecamatan yang ada di Aceh Besar.

Saat melakukan peninjauan di Kecamatan Darul Imarah, Iswanto disambut Camat Darul Imarah M Basir dan Forkopimcam serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Jumat (16/2).

“Alhamdulillah input data di sejumlah kecamatan yang ada di Aceh Besar berjalan lancar dan aman tanpa kendala apapun. Terimakasih kepada petugas yang telah melayani dan bekerja secara profesional,” kata Pj Bupati Aceh Besar di sela-sela pemantauan di Darul Imarah, Aceh Besar.

Iswanto mengatakan, hari ini dirinya melakukan pemantauan di dua kecamatan dalam wilayah Aceh Besar. “Iya barusan saya memantau input data hasil Pemilu 2024 di Kecamatan Darul Imarah dan Ingin Jaya didampingi Forkopimcam setempat,” ujarnya.

Iswanto Pantau Input Data Hasil Pemilu Di Kecamatan

Menurut Iswanto input data pada dua kecamatan tersebut berjalan lancar, aman dan kondusif tanpa ada kendala. “Alhamdulillah input data di kecamatan Darul Imarah dan Ingin Jaya berjalan lancar, aman dan dalam suasana sangat kondusif,” imbuhnya.

Pemantauan itu menurut Iswanto sangat perlu dilakukan, karena menurutnya mengawal Pemilu berintergritas butuh keterlibatan semua pihak, termasuk Pemerintah Daerah.

“Menjadikan Pemilu berintegritas dibutuhkan keterlibatan semua pihak, jadi mari kita kawal rekapitulasi suara Pemilu ini secara bersama hingga tuntas, mulai dari TPS, PPK hingga komisioner,” ujar Iswanto.

Lapor Kendala

Sementara itu Ketua PPK Darul Imarah Ahmad Wahyudi mengatakan, untuk rekapitulasi suara di seluruh gampong di Kecamatan Darul Imarah berjalan lancar.

Sedikit kendala hanya ada di Gampong Pasheu Beutong yang kekurangan 40 lembar surat suara presiden, dan di Gampong Leu Ue kelebihan surat suara presiden. “Alhamdulillah kelebihan surat suara di Gampong Leu sudah diantar ke Gampong Pasheu Beutong untuk menutupi kekurangan surat suara di Gampong Pasheu Beutong dengan pengawalan ketat oleh petugas,” ujar Wahyudi.

Selain dua gampong tersebut, Wahyudi mengatakan kendala lainnya di Kecamatan Darul Imarah terjadi pada antrian pemilih yang Tempat Pemungutan Suara (TPS) terbanyak di kecamatan.

“Ya di Gampong Gue Gajah terjadi antrian panjang dikarenakan antusias masyarakat pada Pemilu kali ini cukup luar biasa, sehingga memenuhi lokasi pemungutan suara di gampong tersebut,” ucapnya.

Selain itu masih menurut Wahyudi, kendala lainnya yang terjadi di beberapa TPS di Kecamatan Darul Imarah kebanyakan warga yang datang mencoblos sudah melewati batas waktu pencoblosan, sehingga banyak warga yang tidak bisa mencoblos karena kehabisan waktu.

“Ada beberap gampong di Darul Imarah yang warganya datang melewati batas waktu coblos, sehingga saat warga sampai ke TPS mereka sudah kehabisan waktu dan TPS-nya sudah ditutup,” imbuhnya.

Iswanto Pantau Input Data Hasil Pemilu Di Kecamatan

Selanjutnya Wahyudi mengatakan mengenai hal tersebut sebelumnya dirinya bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) gampong sudah memberi himbauan kepada masyarakat terkait jadwal pemilihan hingga penutupan TPS.

“Ya mengenai jadwal pemilihan, sebelumnya sudah kami sampaikan kepada warga agar menggunakan hak pilihnya pada jadwal yang telah ditentukan,” ujarnya.

Selanjutnya Wahyudi mengatakan, ada 38.311 pemilih di Kecamatan Darul Imarah yang tersebar ke dalam 146 TPS yang ada di 32 gampong dalam wilayah Kecamatan Darul Imarah. “Kita di Darul Imarah memiliki 146 TPS dari 38.311 pemilih yang tersebar di 32 gampong,” sebutnya.

Mengenai perhitungan suara di TPS menurut Wahyudi, kemarin semuanya sudah selesai dan kotak suaranya juga semua sudah diantar ke Kecamatan.
Sedangkan mengenai rekapitulasi di kecamatan akan dimulai pada hari Minggu 18 Februari mendatang, hari ini dan besok pihaknya sedang menginput jumlah data yang masuk dan akan dikirimkan ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Alhamdulillah semua kotak suara sudah capai di Kecamatan, yang terakhir kemarin dari Gampong Ule Tuy, dan rekapitulasi di Kecamatan Darul Imarah akan dilakukan pada hari Minggu ini, sedangkan pada hari ini dan besok kita melakukan input data yang masuk untuk dikirimkan ke KIP Aceh Besar dan KPU Pusat,” ujarnya.

Semua kotak suara yang masuk ke PPK kecamatan sudah diamankan di Gudang Logistik Komplek Kantor Camat Darul Imarah, dan rekapitulasi akan dilakukan di Gedung Unit Daerah Kerja Pembangunan (UDKP) Kecamatan Darul Imarah. (b05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *