Obsesi Membuka Kampung Inggris, Arab Dan India Di Desa Roburanlombang

  • Bagikan
Obsesi Membuka Kampung Inggris, Arab Dan India Di Desa Roburanlombang
Obsesi membuka Kampung Arab, Inggris dan India di Desa Roburanlombang, Kec. Panyabungan Selatan, Kab. Mandailing Natal, Rabu (15/11). Waspada/Irham H. Nasution

ADA wacana membuka “kampung” unik dan sangat menarik di Desa Roburanlombang, Kec. Panyabungan Selatan, Kab. Mandailing Natal, yang mengemuka Rabu (15/11).

Kampung Arab, kampung Ingris dan kampung India, dimaksudkan dengan format pesantren informal sekaligus memberdayakan masyarakat luas. Kampung ini juga diharap dikemas menjadi kampung bebas Narkoba.

Ketua Yayasan Nahdotu Khoiril Ummah Tan Huzein, SPd, MPd, pengelola kampung Arab, Inggris dan kampung India ini, mengungkapkan, tujuannya sekaligus berorientasi memberdayakan masyarakat sekitar.

“Kenapa kampung Arab? Bahasa Arab adalah bahasanya Alquran, bahasa Inggris bahasa internasional, sedangkan sejumlah warga gandrung terhadap bahasa India,” ujar Tan Huzein, dosen STAIN Madina yang juga Wakil Ketua Baznas Madina.

Obsesi Membuka Kampung Inggris, Arab Dan India Di Desa Roburanlombang
Obsesi membuka kampung Arab, Inggris dan India dibicarakan di suatu rumah di Roburanlombang, melibatkan sejumlah akademisi dan Yayasan Putra-putri Mandailing. Waspada/Irham H. Nasution

Dijelaskannya, kampung ini dibentuk untuk memberdayakan masyarakat, yang dilaksanakan ke depan diharap sesuai kurikulum.

“Saya pernah melihat, ada pesantren yang operasionalnya tidak formal. Muridnya, umumnya mantan preman, tapi masya Allah bacaan Qurannya luar biasa,” ujar Tan Huzein.

Dalam bidang pemberdayaan, akan dicermati, akan dilihat kalau bisa dikembangkan. “Misalnya membuat kerupuk, jajanan atau apa pun, insya Allah kita berdayakan. Mudah-mudahan Baznas bisa membantu,” ujarnya.

Dosen STAIN Madina Alwin Tanjung, MTh juga menceritakan, ada pesantren ribuan santri dikelola secara gratis. “Itulah obsesi kita, pesantren didirikan tanpa dikutip biaya,” ujar Alwin Tanjung yang menyelesaikan studi di India sampai S2 sekira 14 tahun.

Obsesi Membuka Kampung Inggris, Arab Dan India Di Desa Roburanlombang
Ketua Yayasan Nahdotu Khoiril Ummah Tan Huzein, SPd, MPd, mengajar Bahasa Arab di Roburanlombang. Waspada/Irham H. Nasution

Dosen STAIN Madina Dina Syarifah, MPd mengungkapkan, pembukaan kampung Arab, Ingris dan India diharapkan menciptakan generasi muda Madina yang religius dan modern.

“Kita ingin, generasi muda Madina pintar, religius sekaligus mampu mengikuti perkembangan zaman,” ujar Dina Syarifah, kandidat doktor itu.

Presiden Ikatan Pemuda Mandailing Tan Gozali Nasution menyatakan sangat mangapresiasi pembukaan kampung Arab, Inggris dan kampung India.

“Tentu saja, kami sangat mendukung, karena tujuannya untuk kepentingan masa depan generasi muda Madina ke depan,” ujar Tan Gozali.

Irham H. Nasution

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *