Hadiri Kemendagri BerAKHLAK Awards, Mendagri Tito Apresiasi Ary Ginanjar

  • Bagikan
Hadiri Kemendagri BerAKHLAK Awards, Mendagri Tito Apresiasi Ary Ginanjar

JAKARTA (Waspada): Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Kemendagri BerAKHLAK Awards dalam rangka memberikan penghargaan kepada sejumlah Unit Kerja yang dinilai berhasil mengimplementasikan nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK.

BerAKHLAK adalah nilai-nilai dasar ASN yang baru yakni Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Terselenggaranya perhelatan ini didasari oleh adanya kerjasama antara Kemendagri dan ESQ/ACT Consulting International dalam mengukur dan melakukan survei pemetaan Budaya Kerja ASN (Indeks BerAKHLAK).

Mendagri Muhammad Tito Karnavian dalam sambutannya mengapresiasi Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian yang sudah hadir serta berkolaborasi dengan Kemendagri dalam berbagai program.

“Saya ucapkan terimakasih banyak untuk Pak Ary dan tim yang sudah membersamai kami hingga saat ini. Terimakasih juga atas kehadirannya di dalam acara Kemendagri BerAKHLAK Awards,” ujar Tito di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kemendagri, Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Tito mendorong ASN di lingkup Kemendagri meningkatkan kualitas layanan publik kepada masyarakat yang sejalan dengan program prioritas Presiden Joko Widodo melalui road map reformasi birokrasi, di mana salah satu upayanya adalah melakukan revolusi mental.

Karena itu, ia menekankan kegiatan-kegiatan untuk memperbaiki sisi personal ASN menjadi penting. Apalagi para ASN menerima informasi atau pengetahuan tentang konsep BerAKHLAK dengan berbagai variabelnya, yang intinya adalah mengubah mental dan moral personal.

“Ini ya harus menyesuaikan juga dengan pengetahuan-pengetahuan yang lain. Ada pulling factor, pushing factor, [karena] setiap orang punya interest untuk masuk organisasi,” katanya.

“Lebih spesifik masalah layanan publik dan salah satu yang diangkat adalah konsep tentang moralitas BerAKHLAK. Konsep melayani, yang semuanya saya yakin sudah paham tentang singkatan dari BerAKHLAK,” tandasnya.

Sementara itu, Ary Ginanjar mengapresiasi Kemendagri yang menjadi Kementerian pertama serta gerak cepat melakukan BerAKHLAK Awards.

“Selamat untuk Kementerian Dalam Negeri. Lembaga pertama yang melaksanakan BerAKHLAK Award,” ujar Ary.

Menurut Ary, adanya agenda ini juga dilandasi atas keseriusan dari Kemendagri di bawah kepemimpinan Mendagri Tito Karnavian, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro bersama jajarannya yang secara gercep dan responsif menggaungkan Core Values ASN BerAKHLAK serta Employer Branding Bangga Melayani Bangsa sejak diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada 27 Juli 2021.

“Mengapa BerAKHLAK ini penting? Karena saya belajar banyak dari Pak Tito Karnavian bahwa tak cukup lakukan transformasi struktur namun perlu juga transformasi kultur,” paparnya.

“Saya kira KemenPANRB bisa memberikan penghargaan, karena Kemendagri adalah satu-satunya kementerian paling serius untuk menjalankan ASN BerAKHLAK,” ungkap Ary.(J02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *