Orientasi Pelayanan Tertinggi Tingkat Nasional, Pendiri ESQ Puji Pemkot Palangkaraya

  • Bagikan
Orientasi Pelayanan Tertinggi Tingkat Nasional, Pendiri ESQ Puji Pemkot Palangkaraya

JAKARTA (Waspada): Keberhasilan Pemerintah Kota Palangkaraya sebagai pemda dengan nilai berorientasi pelayanan di atas rata-rata, mendapat apresiasi Pendiri ESQ Group Ary Ginanjar Agustian.

“Yang paling membanggakan adalah nilai Berorientasi Pelayanan di Pemkot Palangkaraya menjadi yang tertinggi di atas rata-rata nasional yakni 70,5% dengan kategori A,” ujar Ary saat memberikan sambutan melalui Zoom Meeting pada pelatihan Pengembangan Diri Implementasi Core Values ASN BerAKHLAK Based Leadership pemerintah kota Palangkaraya di Menara 165, Jakarta, pada Rabu (1/3/2023).

Angka tersebut berdasarkan pengukuran kesehatan budaya kerja (penerapan core values BerAKHLAK) yang dilakukan Accelerated Culture Transformation (ACT) Consulting International yang mendapat amanah dari KemenPANRB untuk mengukur kesehatan budaya kerja di seluruh kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, pemerintah kota, dan lainnya.

Menurutnya, hasil ini wajar atau selaras dengan Palangkaraya yang meraih penghargaan anugerah Adipura Tahun 2022 untuk kategori Kota Sedang.

“Saya juga mengucapkan selamat kepada Pemkot Palangkaraya yang baru saja mendapat prestasi yang gemilang yaitu dapat Piala Adipura,” lanjutnya.

Ary juga mengatakan bahwa jika dikaitkan dengan hasil Indeks Internalisasi BerAKHLAK di Pemkot Palangkaraya yakni dengan rata-ratanya 60,0% masuk kategori B atau Cukup Sehat.

Sedangkan nilai secara nasionalnya atau rata-rata Indeks Internalisasi BerAKHLAK ASN dari kementerian, lembaga, pemprov, pemda, pemkot dan pemkab seluruh Indonesia yang diukur dari periode Agustus-Desember 2022 yakni 60,9% kategori cukup baik.

“Bukan maksud membanding-bandingkan namun ini hanya memaparkan benchmark saja. Karena kami ACT Consulting International mendapat amanah dari Kementerian PANRB untuk mengukur kesehatan budaya kerja (penerapan core values BerAKHLAK) di seluruh Kementerian, Lembaga, Pemkab, Pemprov, Pemkot dan lainnya termasuk Palangka Raya,” tutur Motivator Nasional itu.

Selain Berorientasi Pelayanan yang nilainya di atas rata-rata nasional, Pemkot Palangkaraya juga unggul di nilai Kompeten, Harmonis dan Kolaboratif.

“Namun izin Pak Wali masih ada PR untuk nilai Loyal dan Adaptif mengingat tantangan terus berubah, teknologi semakin canggih, tuntutan masyarakat berubah sehingga perlu dibenahi. Kita harus sampaikan agar bisa waspada terhadap ini,” jelas pendiri Menara 165 itu.

“Mudah mudahan dengan training ini bisa menjadi solusi, karena ujung ujungnya nilai nilai tersebut perlu kita tingkatkan. Pengukuran ini akan dilakukan setahun sekali. Semoga selain mendapat piala Adipura, nilai unggul di Berorientasi Pelayanan, di tahun depan bisa dapat Award BerAKHLAK juga,” pungkasnya.(J02)

  • Bagikan