Lewat TEDxYouth, SWA Ajak Siswa Berpikir Kritis dan Kreatif

  • Bagikan
Lewat TEDxYouth, SWA Ajak Siswa Berpikir Kritis dan Kreatif

TANGERANG SELATAN (Waspada): Untuk keenam kalinya, Sinarmas World Academy (SWA) menggelar konferensi inspiratif bagi anak muda melalui ajang TEDxYouth. Mengambil tema ‘Empowering Inner Self: Be Relevant, Resonant, and Radiant’, kegiatan yang digelar di sekolah SWA, Tangerang Selatan, Sabtu (25/2/2023) ini bertujuan mengasah kemampuan siswa dalam berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif.

“Acara TEDxYouth ini merupakan suatu kesempatan dan wadah bagi seluruh komunitas Sinarmas World Academy dalam mengembangkan kreativitas sesuai dengan jati diri masing-masing. Berbagai pembicara profesional akan membagikan pengalaman hidup mereka yang dapat menginspirasi kita bagaimana memberdayakan diri dan memberikan perubahan bagi lingkungan sekitar kita,” ujar co-principal SWA, Alexander, Sabtu (25/2/2023).

Matthew, siswa grade 11 SWA yang juga ketua TEDxYouth @SWA mengatakan, keseluruhan kegiatan ini dilaksanakan dan diorganisir oleh siswa Sinarmas World Academy.

“Bagi seluruh komite, cara yang dipersiapkan dari lama ini juga mengajarkan bagaimana kami mengasah kemampuan berpikir kritis, kreatif, melatih komunikasi, kolaborasi, dan kerja sama tim yang baik untuk menyukseskan acara ini,” ujarnya.   

Ditambahkan Matthew, seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, berbagai perubahan dan inovasi terbaru pun bermunculan di tengah modernisasi dunia saat ini. Sebagai seorang individu, hendaknya kita memiliki prinsip yang kuat yang dapat dijadikan sebagai acuan utama dalam memberdayakan dan menjadikan diri kita agar semakin relevan dengan kebutuhan dunia.

“Melalui sikap pemberdayaan diri yang baik, kita dapat melakukan sesuatu yang telah kita pilih, di mana hal tersebut dapat beresonansi dengan nilai-nilai yang kita miliki,” imbuhnya, mantap. 

Alexander menambahkan, acara TEDxYouth yang ke-6 ini diharapkan dapat menginspirasi setiap individu untuk dapat  memberdayakan diri mereka dengan lebih baik serta menjadikan diri mereka lebih relevan dengan perkembangan dunia modern, melalui sharing yang dibawakan oleh 8 pembicara profesional dari berbagai latar belakang dan spesialisasi yang berbeda.

Pembicara yang hadir diantaranya Rudiantara (Minister of Information and Technology of The Republic of Indonesia 2014-2019), Ernanda Putra (Founder & CEO MAKNA Group), Vishal Dasani (Fitness & Sleep Educator), Renaldo Sutjiady (Program Manager New Energy Nexus), Graciela Gabrielle Angeline (Co-Founder & CMO PetaNetra), Febrian Pottanobu (Co-Founder Duckie Land), Stephanie Regina (Founder & CEO Haloka Group), dan Sonny Samuel (Managing Director, Head of Global Markets UOB Indonesia).

TEDxYouth@SWA bukan hanya menghadirkan para pembicara professional saja. Sejumlah murid dari Sinarmas World Academy juga membagikan berbagai kisah inspiratif dan pengalaman mereka secara langsung supaya para kaum muda termotivasi untuk terus mengembangkan dan menyesuaikan diri dengan berbagai tantangan di era modern ini.  

Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara yang hadir sebagai salah satu pembicara mengapresiasi kegiatan TEDxYouth yang digelar sekolah SWA. Dia mengaku senang datang ke acara seperti ini karena bisa mengajak siswa mengenali potensi diri sejak dini, lalu mengembangkannya, hingga menemukan ‘passion’.

Ia menyebut, karir di bidang teknologi digital masih menjadi pilihan di masa depan, karena teknologi yang terus berkembang.

“Jangan salah pilih karir. Karena banyak pekerjaan yang akan hilang digantikan oleh teknologi,” pesab Rudi.

Ia juga berbicara soal UMKM di Indonesia yang jumlahnya terus meningkat, tetapi belum tersentuh oleh teknologi secara keseluruhan. Teknologi digunakan baru sebatas penjualan dan distribusi barang.

“Celah ini bisa dimanfaatkan para milenial agar UMKM kita semakin berjaya,”tandasnya.

Sekolah SWA dibuka pada Juli 2008 dengan tujuan mempersiapkan kesuksesan akademis setiap siswa melalui berbagai pengembangan pendekatan pembelajaran era abad 21. (J02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *