Pusdatin, BLPT dan Dinas Pendidikan Siap Sukseskan Transformasi Digital Pendidikan

  • Bagikan
Pusdatin, BLPT dan Dinas Pendidikan Siap Sukseskan Transformasi Digital Pendidikan

JAKARTA (Waspada): Guna meningkatkan pemanfaatan Platform Teknologi Pendidikan di tahun 2023, Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) dan Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) melakukan sinergi dengan Dinas Pendidikan di 34 provinsi. Kegiatan ini diselenggarakan di Jakarta, 13 – 15 Maret 2023, dengan tema ‘Mendukung Transformasi Digital Pendidikan dengan Peningkatan Pemanfaatan Platform Teknologi melalui Distribusi, Jejaring, dan Kemitraan’.

Kepala Pusdatin Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Dr M Hasan Chabibie dalam sambutannya mengatakan, sejumlah platform teknologi telah dikembangkan oleh Kemendikbudristek untuk memberikan banyak kemudahan dalam hal pengembangan dan penyediaan materi pembelajaran, komunikasi antara siswa dan guru, serta memberikan aksesibilitas yang lebih luas bagi pendidik dan pelajar.

“Platform teknologi juga memungkinkan Dinas dan Pemerintah Pusat dapat mengatur, mengelola dan mengevaluasi penggunaan sumber daya sekolah dengan lebih efisien,” ujarnya, Senin (13/3/2023).

Platform teknologi tersebut, antara lain Rumah Belajar, Merdeka Mengajar, Sumber Daya Sekolah (SDS), Rapor Pendidikan dan Hi-Edu.

Lebih lanjut kapusdatin menyebutkan satu dari 10 strategi utama dalam implementasi Merdeka Belajar adalah membangun platform pendidikan nasional berbasis teknologi. Sehingga, pengembangan dan peningkatan pemanfaatan platform teknologi pendidikan menjadi prioritas Pusdatin dan BLPT di tahun 2023 ini.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2022, dibentuklah Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) sebagai Unit Pelaksana Teknis di Kemendikbudristek yang bertugas memberikan layanan pemanfaatan platform teknologi pendidikan.

Sementara itu dalam laporannya, Kepala BLPT, Wibowo Mukti, S.Kom., M.Si., menyampaikan dengan keberadaan seluruh platform teknologi pendidikan yang ada dan luasnya cakupan wilayah Indonesia, BLPT memerlukan dukungan dan kerjasama berbagai pihak untuk dapat mempercepat distribusi dan pemanfaatan platform secara luas. Dalam hal ini, BLPT perlu berkoordinasi dengan seluruh Unit Pelaksana Teknis di daerah yang membidangi Teknologi Informasi, Komunikasi dan Pendidikan, agar tugas tersebut dapat terlaksana dengan lebih sinergi, cepat, efisien.

Kegiatan Sinergi Pusdatin, BLPT dan Dinas Pendidikan menghadirkan Narasumber lintas unit utama yang juga bergerak dalam program prioritas Merdeka Belajar, dalam kaitannya dengan kebijakan Transformasi Digital dan Perencanaan Berbasis Data. Diharapkan sinergi antara Pusdatin, BLPT dan Dinas Pendidikan ini dapat menjadi semangat untuk siap menyukseskan transformasi digital Pendidikan, dengan peningkatan pemanfaatan Platform Teknologi Pendidikan.(J02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *