Satgas TMMD Hadir, Masyarakat Tamiang Hulu Gembira

  • Bagikan
Satgas TMMD Hadir, Masyarakat Tamiang Hulu Gembira
Anggota Satgas TMMD reguler ke-19 tahun 2024 Kodim 0117/Aceh Tamiang sedang membangun rumah Bahar, warga Kampung Kaloy,Kecamatan Tamiang Hulu yang terpilih dalam program TMMD. Waspada/Yusri

KEBUTUHAN berbagai fasilitas dan prasarana umum tentunya menjadi harapan dari masyarakat, terlebih di daerah pedalaman, seperti di Kecamatan Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang masih terdapat beberapa kampung yang butuh perhatian serius dari pemerintah daerah maupun elemen lainnya, terutama dalam pemenuhan berbagai sarana dan prasarana umum yang dinilai masih jauh tertinggal.

Mungkin, bagi kampung di Kecamatan Tamiang Hulu yang masih membutuhkan pembangunan seperti jalan, jembatan dan lainnya, tidak tertutup kemungkinan masih meniti harapan ada para pihak yang mencurahkan perhatiannya untuk daerah ini.Terlebih daerah ini dikenal dengan salah satu hasil wilayah penghasil produksi pertanian dan perkebunan.

Namun, rasa gembira dan secercah harapan kini mulai menuai titik terang dengan kehadiran para personel TNI dari Kodim 0117/Aceh Tamiang dengan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke -119 yang sedang berlangsung di Kampung Kaloy dan Perkebunan Pulau Tiga, Kecamatan Tamiang Hulu.

Kegembiraan ini tidak lain, program TMMD yang dilaksanakan Kodim 0117/Aceh Tamiang tersebut sangat menyentuh harapan warga di sana. Pasalnya, kegiatan TMMD ini telah membuka akses jalan penghubung dengan melakukan pengerasan dan pelebaran jalan sepanjang 3.200 M x 6 M dilintasan Kampung Kaloy dan Perkebunan Pulau Tiga.

Akses jalan penghubung dua kampung tersebut dirasakan sangat dibutuhkan masyarakat, karena akan memudahkan warga dalam melakukan berbagai aktivitas,terutama untuk mengangkut atau membawa berbagai jenis hasil pertanian dan perkebunan, termasuk juga membawa masuk kebutuhan pokok bagi warga.

Prasarana lainnya juga dirasakan sangat penting yakni pengrehapan beberapa jembatan yang berada di kampung tersebut,termasuk pembuatan plat beton dilintasan jalan yang dibangun melalui TMMD. Tak ayal juga, kegembiraan dirasakan oleh Bahar,warga Kampung Kaloy yang rumahnya dilakukan pengrehapan baru agar layak huni oleh Satgas TMMD Kodim 0117/Aceh Tamiang.

Anggota Satgas TMMD reguler ke 119 Kodim 0117/Aceh Tamiang, Jumat (1/3) terlihat bahu-membahu dengan warga setempat melaksanakan pembangunan rumah Bahar yang kini memasuki tahapan pemasangan dinding rumah. Ini menunjukkan bahwa kemanunggalan TNI dengan rakyat sangat terpelihara dengan baik di wilayah Kodim 0117/Aceh Tamiang.

Pak Bahar pemilik rumah juga menyampaikan sangat berterimakasih kepada TNI dan bersyukur kepada Allah SWT karena pembangunan rumah sudah berjalan aman dan baik dan sudah memasuki tahap pemasangan dinding rumah. “Saya tidak bisa balas apa apa, hanya doa semoga TNI Kodim 0117/Aceh Tamiang semakin dicintai rakyat dan menjadi kebanggaan rakyat,” ucapnya singkat.

Di tengah kegiatan yang begitu berat dan dibawah terik matahari, ternyata ada banyak cara yang dilakukan anggota Satgas TMMD untuk menghilangkan rasa letih dan penat di badan,salah satunya dengan bersenda gurau bersama warga di lokasi TMMD di Kampung Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu.Terlihat anggota Satgas TMMD bersama warga bercerita dan bersenda gurau dengan tawa yang penuh canda sambil melepas lelah serta letih di waktu jam istirahat.

Satgas TMMD Hadir, Masyarakat Tamiang Hulu Gembira

Sebelumnya, Dansatgas TMMD Reguler Ke – 119, Letkol Inf Andi Ariyanto, S.I.P saat melakukan peninjauan kegiatan TMMD menjelaskan, sasaran fisik pengerasan dan pelebaran jalan menghubungkan Kampung Kaloy – Perkebunan Pulau Tiga selesai dikerjakan, maka akan menghemat waktu tempuh perjalanan bagi warga, sekaligus mempermudah masyarakat khususnya petani dalam mengangkut hasil pertaniannya.

Disampaikan Dandim, selain kegiatan pembangunan jalan juga dilaksanakan rehab jembatan sebanyak 2 unit, pembuatan plat beton sebanyak 2 unit, pembangunan gorong-gorong sebanyak 6 unit dan sasaran non fisik sosialisasi stunting, sosialisasi posbindu, sosialisasi pertanian, sosialisasi wawasan kebangsaan, sosialisasi hukum, sosialisasi bahaya narkoba dan sosialisasi kehutanan.

Pj Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra pada pembukaan TMMD tersebut beberapa waktu lalu menyampaikan, pihaknya menyadari tentang pentingnya peran dan fungsi TNI dalam menciptakan keamanan, ketertiban dan kesejahteraan bagi masyarakat kampung.

“Karena itu sangat mendukung sepenuhnya segala program dan terobosan-terobosan TNI yang diharapkan akan memberi dampak positif bagi masyarakat guna mempercepat akses perekonomian dan pembangunan bagi masyarakat.

Pj Bupati Asra mengutarakan, selain untuk menciptakan infrastruktur juga menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat seperti halnya, pembangunan di wilayah tertinggal, terisolir dan terpelosok merupakan tanggung jawab dari semua komponen bangsa, TMMD sendiri merupakan program pembangunan lintas sektoral tergabung dari unsur Pemerintah, TNI/Polri dan komponen warga masyarakat.

“Diharapkan melalui program TMMD ini, kiranya dapat dirasakan hasilnya oleh masyarakat pedesaan, melalui karya nyata TNI bersama rakyat membuat seluruh warga kampung percaya dan yakin bahwa TMMD akan mampu membawa perubahan positif dalam pembangunan di wilayah perdesaan,”demikian kata Drs Asra.(b15)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *