Sasar 50 Ribu Masjid, DMI Gandeng Unilever Wujudkan Gerakan Masjid Bersih

  • Bagikan
Sasar 50 Ribu Masjid, DMI Gandeng Unilever Wujudkan Gerakan Masjid Bersih

JAKARTA (Waspada): Guna menggaungkan ‘Gerakan Masjid Bersih’, Dewan Masjid Indonesia (DMI) menggandeng PT Unilever Indonesia Tbk melalui produknya, Wipol dan Sunlight. Kerja sama diwujudkan kembali lewat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang menyatakan kedua belah pihak akan kembali berkolaborasi dalam ‘Gerakan Masjid Bersih 2024’ .

“Gerakan ini dimaksudkan sebagai upaya mendorong terciptanya kebersihan, kehigienisan, dan kemakmuran 50.000 masjid di berbagai wilayah Indonesia, utamanya dalam mempersiapkan datangnya bulan suci Ramadhan mendatang,” ujar Ketua DMI, Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla

Dilaksanakan sejak 2017, ’Gerakan Masjid Bersih’ adalah inisiatif sosial berkelanjutan untuk mendorong terciptanya masjid-masjid yang bersih dan nyaman bagi umat Muslim di seluruh Indonesia. Hingga kini, didukung oleh lebih dari 150.000 relawan, sebanyak 175.000 masjid di berbagai wilayah Indonesia telah menerima manfaat positif dari program ini.

”Setiap kita shalat, tentu pertama harus wudhu untuk membersihkan diri, tetapi tentu tidak cukup kalau diri kita saja yang bersih, tempat kita shalat juga harus bersih. Ini berarti tugas kita semua sebagai amal ibadah untuk terus menjaga kebaikan dan keberlangsungannya. Apalagi dalam keadaan ini, dimana kesehatan itu harus kita jaga sebaik-baiknya. Masjid adalah tempat sujud, kalau tidak bersih tentu di samping ibadahnya kurang memberikan makna, juga ada dampak kesehatan. Kita sudah mengalami bagaimana hidup itu harus bersih untuk menghindari begitu banyak penyakit setelah pandemi COVID kemarin; pelajaran yang besar bagi kita semua. Saya atas nama Dewan Masjid Indonesia menyampaikan terima kasih untuk Unilever, mudah-mudahan kita bisa lanjutkan kerja sama ini menjadi lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang,”ujar Jusuf Kalla.

Ketua Bidang Sosial Kemanusiaan DMI, Drs. H. Andi Mappaganty, MM mengatakan, ketika pihakya melakukan Rakernas DMI yang pesertanya datang dari seluruh Indonesia, masing-masing Ketua Dewan Pimpinan Wilayah menyampaikan terima kasih dan sangat menyambut dengan baik kerjasama ini.

“Apalagi menjelang bulan suci Ramadhan, jamaah merasa tenang karena masjidnya bersih, jadi tenang untuk bertarawih, qiyamul-lail, mengaji, dan sebagainya,” imbuhnya.

Head of Home & Hygiene Unilever Indonesia, Anggya Kumala mengatakan, ‘Gerakan Masjid Bersih 2024’ sebentar lagi akan digelar guna mempersiapkan bulan Ramadhan mendatang. Bulan suci dimana umat Muslim akan berbondong-bondong mendatangi masjid untuk saling bersilaturrahmi dan beribadah.

“Tentunya memastikan kebersihan dan kehigienisan masjid menjadi kunci penting agar seluruh kegiatan yang berlangsung di dalamnya menjadi lebih aman dan nyaman,” katanya di sela-sela acara.

“Kami sangat mengapresiasi kolaborasi yang telah terjalin bersama DMI sejak 2017 melalui program ‘Gerakan Masjid Bersih’. Melihat dampak positif dan manfaat yang telah dirasakan dari program ini, maka Insya Allah jumlah masjid yang menerima manfaat akan diperluas, dengan target menjangkau 50.000 masjid di berbagai wilayah Indonesia. Dengan demikian, diharapkan akan lebih banyak umat Muslim yang memadati masjid di bulan Ramadhan nanti karena masjid mereka menjadi lebih bersih dan higienis berkat penyaluran produk dan perangkat kebersihan, serta edukasi menjaga kebersihan di area masjid,”sambung Anggya.

Dipimpin oleh dua brand yang sudah sangat dekat dengan keseharian masyarakat, Wipol dan Sunlight, ‘Gerakan Masjid Bersih 2024’ akan digelar untuk menjaga kebersihan dan kehigienisan masjid secara lebih menyeluruh, sembari melibatkan partisipasi konsumen untuk turut berbagi kebaikan.

Selain itu, Unilever juga akan mendonasikan 2,5% dari keuntungan hasil penjualan produk Wipol dan Sunlight di sejumlah mitra retail kepada DMI melalui BAZNAS. Hasil dari donasi ini akan dimanfaatkan untuk meramaikan dan memakmurkan masjid melalui pemberian paket produk kebersihan serta paket berbuka puasa bersama, yang diharapkan akan semakin mempererat Ukhuwah Islamiyah di antara komunitas Muslim

“Sekali lagi terima kasih atas dukungan DMI dan seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program ‘Gerakan Masjid Bersih’. Kami berharap program ini terus memainkan perannya dalam menyebarkan kebaikan dan kemaslahatan bagi umat Muslim di Indonesia,” tutup Anggya.

Unilever merupakan salah satu pemasok terbesar produk Kecantikan, produk Perawatan Tubuh, produk Kebersihan Rumah Tangga, produk Makanan dan Minuman, serta produk Es Krim yang produknya digunakan oleh 3.4 miliar penduduk setiap harinya di lebih dari 190 negara. Unilever memiliki total kurang lebih 127,000 karyawan secara global .(J02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *