Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Laksanakan Pelatihan Sertifikasi CSR-Comdev

  • Bagikan
Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut melaksanakan Pelatihan Sertifikasi CSR (Corporate Social Responsibility)-Comdev (Community Development) pada Senin s/d Selasa 10-11 Juli 2023 di Gedung Serba Guna Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Jalan Yos Sudarso No. 8-10, Medan, Sumatera Utara.
Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut melaksanakan Pelatihan Sertifikasi CSR (Corporate Social Responsibility)-Comdev (Community Development) pada Senin s/d Selasa 10-11 Juli 2023 di Gedung Serba Guna Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Jalan Yos Sudarso No. 8-10, Medan, Sumatera Utara.

MEDAN (Waspada): Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut melaksanakan Pelatihan Sertifikasi CSR (Corporate Social Responsibility)-Comdev (Community Development) pada Senin s/d Selasa 10-11 Juli 2023 di Gedung Serba Guna Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Jalan Yos Sudarso No. 8-10, Medan, Sumatera Utara.

Turut hadir dalam acara ini, Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria, Manager HSSE Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Andri Prasetyanto, Manager Retail Sales Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Tiara Thesaufi H.

Menurut Satria, kegiatan ini telah berlangsung selama dua hari pada 10-11 Juli 2023. Para peserta tampak antusias mengikuti Pelatihan Sertifikasi CSR-Comdev ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para narasumber yang telah berkenan hadir. Pelatihan ini sebagai bentuk continous improvement atas program-program CSR yang dilakukan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut di unit-unit lokasi yang tersebar di 5 provinsi : Sumut, Aceh, Sumbar, Kepri dan Riau,” ungkap Satria.

Kegiatan ini mengangkat tema “Menajamkan Kembali Kesiapan Pengelolaan Program Unggulan Comdev Berbasis PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan)”. Pelatihan menghadirkan dua narasumber yaitu Tenaga Ahli PROPER/CSR di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Martha Fani Cahyandito dan Ketua Yayasan Indocita Madani, Budi R Minulyo, CSP.

Sementara itu peserta pelatihan adalah para community development officer, staf HSSE dan juga pimpinan unit-unit lokasi di wilayah Sumbagut.

Budi menjelaskan, terkait manajemen program CSR berbasis PROPER, diskusi berkenaan dengan dokumen maupun program unggulan, strategi mengembangkan inovasi dan sebagainya.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengembangkan program unggulan Comdev beserta pengelolaannya sesuai potensi lokal dan sejalan pendekatan PROPER.

“Mudah-mudahan kehadiran kami memberikan manfaat, bukan hanya bagi teman-teman tapi bagi masyarakat,” kata Budi.

Pada kesempatan ini, Tenaga Ahli PROPER/CSR di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Martha Fani Cahyandito menyampaikan terkait materi inovasi sosial dan Social Return on Investment (SROI). Menurutnya Comdev merupakan investasi sosial dan berkaitan erat dengan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs).

“Investasi sosial bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan dan meningkatkan reputasi perusahaan,” ujar Fani. (m31)

  • Bagikan