PPN Gelar Pertamina Tenants Day, Dorong Pengembangan Bisnis Non-Fuel Retail

  • Bagikan
BOCAH SD MENINGGAL: Aparat TNI/Polri, ikut melayat dan melihat jenazah almarhum Putri Riska, di SP-I Bunin, Serbajadi, Aceh Timur, Rabu (5/4). Waspada/Muhammad Ishak
BOCAH SD MENINGGAL: Aparat TNI/Polri, ikut melayat dan melihat jenazah almarhum Putri Riska, di SP-I Bunin, Serbajadi, Aceh Timur, Rabu (5/4). Waspada/Muhammad Ishak

MEDAN (Waspada): PT Pertamina Patra Niaga (PPN) mendorong pengembangan bisnis Non-Fuel Retail (NFR) atau non-BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) khususnya di Wilayah Regional Sumbagut (Provinsi Sumatera Utara, Aceh, Kepulauan Riau, Riau dan Sumatera Barat). Dalam mengupayakan terjalinnya kerja sama antara pengusaha SPBU dan mitra strategis NFR, Pertamina Patra Niaga menggelar Pertamina Tenants Day di Medan, Kamis (2/11).

Vice President Retail Fuel Sales PT Pertamina Patra Niaga, Rahman Pramono Wibowo mengungkapkan, Pertamina perlu memanfaatkan jaringan-jaringan yang dimiliki untuk dapat berkolaborasi sehingga menciptakan iklim positif dalam usaha SPBU. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kolaborasi melalui kegiatan Pertamina Tenants Day.

“Hari ini kita mengadakan Pertamina Tenants Day yang dihadiri oleh tenants yang sudah bekerja sama dengan Pertamina Patra Niaga yang selama ini sudah membuka usahanya di SPBU. Dalam acara ini, kita mempertemukan tenants dengan kawan-kawan pengusaha SPBU,” ujar Rahman Pramono.

Dia menjelaskan, acara Pertamina Tenants Day di Medan ini merupakan acara Pertamina Tenants Day yang ketiga. Sebelumnya, Pertamina Tenants Day sudah dilaksanakan di Jakarta dan Surabaya dan selanjutnya kegiatan ini akan digelar di Yogyakarta dan Palembang.

“Pertamina Tenants Day diharapkan mampu mengoptimalkan konsolidasi bisnis NFR di SPBU Pertamina. Kami terus mendorong produk-produk own brand NFR kami, misalnya Bright Store, Bright Cafe, Enduro Express, dan juga akan ada Pertamina Fastron Autocare dan Pertamina Enduro Autocare yang nantinya dikolaborasikan untuk pengembangan bisnis NFR di SPBU Pertamina. Sehingga ke depan SPBU mempunyai revenue steam baru untuk menjamin keberlangsungan bisnis ini,” ungkap Rahman Pramono.

Menurutnya, saat ini sudah ada 96 mitra nasional dan internasional, serta 1.446 mitra lokal dan UMKM yang bekerja sama mengembangkan bisnis NFR di SPBU Pertamina. Secara total, saat ini ada 19.208 outlet NFR yang sudah beroperasi di seluruh jaringan SPBU Pertamina, dan angka ini masih bisa dikembangkan lagi.

“Misalnya NFR yang bergerak di bidang makanan dan minuman, NFR yang bergerak di bidang logistik, atau NFR yang bergerak di bidang ATM. Sehingga mereka bisa langsung melakukan pembahasan kolaborasi bisnisnya dengan pengusaha SPBU. Selain itu, kami juga mengundang anak-anak perusahaan Pertamina untuk pengembangan ekosistem di SPBU yang harapannya bisa terjalin kerja sama dalam acara ini,” ucapnya.

Rahman Pramono berharap agar pengembangan konsep NFR bisa menjadi sinergi yang baik untuk mitra kerja NFR dan memberi manfaat bagi Pertamina, pengusaha SPBU dan mitra strategis NFR.

“Kedepannya mudah-mudahan ekosistem di SPBU terus berkembang. Tidak hanya mengandalkan fuel saja, tetapi Non-Fuel juga terus berkembang menjadi salah satu engine of growth dan revenue stream yang baru untuk Pertamina Patra Niaga dan Pertamina secara umum. Oleh karena itu, mari Pertamina, pengusaha SPBU, dan mitra strategis NFR bersama-sama untuk mengembangkan bisnis yang ada di SPBU,” jelasnya.

Turut hadir dalam acara ini, Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar, Manager Region Retail Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Tiara Thesaufi, Manager Non Fuel Retail Business, Kania Hapsari, dan Sekretaris Jenderal DPP Hiswana Migas, Juan Taringan.

Juan mengatakan, pihaknya turut menyambut baik rencana pengembangan bisnis NFR di SPBU. Pertamina Tenants Day ini merupakan terobosan dari Pertamina Patra Niaga untuk memunculkan potensi-potensi bisnis baru.

“Hiswana Migas sangat mendukung terselenggaranya Pertamina Tenants Day, acara ini yang memang kami tunggu-tunggu. Kalau dulu kita ke SPBU itu hanya beli minyak, kemudian berkembang, mau ke SPBU itu ada ATM, kamar mandi, musala. Sekarang ini ada sesuatu dibikin ekosistem, di SPBU itu semua ada dan harus dikembangkan,” jelas Juan.

Sementara itu, Pengelola SPBU, Petrus Sirait mengaku senang dengan adanya acara Pertamina Tenants Day. Dalam kegiatan ini, ia dapat bertemu dengan tenants, dan memperoleh penjelasan yang sangat informatif dari berbagai pihak.

“Semua tenants sangat menarik, semoga acara ini dapat dibuat lagi dan kedepannya dengan skala yang lebih besar dan menghadirkan tenants yang lebih banyak,” kata Petrus.

Pertamina Patra Niaga saat ini membuka seluas-luasnya peluang dalam mengembangkan bisnis NFR di SPBU. Yang sudah beroperasi saat ini antara lain adalah minimarket, kafe, nitrogen, ganti oli, dan media periklanan.

Peluang kolaborasi saat ini juga ada di ekosistem kendaraan listrik, seperti Charging Station (SPKLU) atau Battery Swapping Station (SPBKLU), serta kerjasama di bidang digital dan aplikasi, yakni melalui program loyalty MyPertamina. (m31)

  • Bagikan