Moeldoko Kukuhkan Posisi 2 Teratas Cawapres Harapan Rakyat di Musra Aceh Jambi Bengkulu

  • Bagikan
Moeldoko Kukuhkan Posisi 2 Teratas Cawapres Harapan Rakyat di Musra Aceh Jambi Bengkulu

JAKARTA (Waspada): Moeldoko mengukuhkan posisinya sebagai 2 teratas calon wakil presiden (cawapres) 2024 harapan rakyat di tiga Musyawarah Rakyat (Musra) terakhir yang digelar di Aceh pada Rabu (15/3), serta Bengkulu dan Jambi pada Minggu (19/3).

Hal itu terungkap dari penjelasan Ketua Panitia Nasional Musra Panel Barus saat Konferensi Pers Pengumuman Hasil Musra Provinsi Aceh, Jambi, dan Bengkulu, di FX Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (12/4/2023).

“Musra sudah kami laksanakan berjalan dengan lancar hingga putaran terakhir. Ada enam provinsi yang belum diumumkan. Saat ini kita umumkan tiga provinsi yakni Aceh, Jambi, dan Bengkulu,” ujar Panel.

Panel menyampaikan bahwa pada Musra Aceh, untuk cawapres Moeldoko meraih suara terbanyak dengan memperoleh 25,78 persen. Kedua Mahfud MD 25,37 persen, disusul Sandiaga Uno 14,41 persen, Puan Maharani 8,98 persen, Arsjad Rasjid 8,87 persen, Tri Rismaharini 2,51 persen, Andika Perkasa 2,29 persen, Ridwan Kamil 2,19 persen, Khofifah Indar Parawansa 1,88 persen, AHY 1,77 persen dan lainnya 5,95 persen.

Sementara itu, Untuk cawapres Musra Bengkulu, Moeldoko berada di posisi kedua dengan perolehan 16,99 persen setelah Mahfud MD dengan perolehan 32,98 %. Setelah Moeldoko baru Sandiaga Uno 13,69 persen, Arsjad Rasjid 12,55 persen, Anies Baswedan 4,74 persen, Dempo Exler 3,98 persen, Rohidin Mersyah 3,75 persen, AHY 2,75 persen, Khofifah Indar Parawansa 2,45 persen, Muhaimin Iskandar 1,61 persen, yang lainnya 4,51 persen.

Sedangkan untuk cawapres Musra Jambi, Moeldoko juga berada pada posisi kedua setelah Mahfud MD . Disusul Sandiaga Uno Arsjad Rasjid persen, AHY , Anies Baswedan Khofifah Indar Parawansa .

Panel mengatakan bahwa ribuan masyarakat telah hadir dalam rangkaian Musra di tiga provinsi ini yang diakhiri dengan e-voting memilih capres dan cawapres 2024.

Pada tiga gelaran Musra itu pun selalu diramaikan oleh sejumlah pendukung yang memadati area acara. Seperti halnya para pendukung Moeldoko selalu meramaikan setiap Musra, termasuk pada tiga Musra terkahir.

Para pendukung memeriahkan suasana Musra dengan membawa spanduk bertuliskan dukungannya pada Moeldoko sebagai sosok yang layak meneruskan kepemimpinan Jokowi pada 2024 nanti.

Diketahui, puncak Musra akan digelar usai Hari Raya Idul Fitri sekaligus halal bi halal yang akan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi.

“Insyaallah 21 Mei mendatang, hari Minggu di Istora Senayan, Jakarta dihadiri Presiden Jokowi. Akan kita serahkan hasilnya kepada Presiden Jokowi sekaligus diumumkan,” tuturnya.

Ia menegaskan, Panitia Musra Indonesia akan mengumumkan hasil merujuk yang terjadi di lapangan. Musra ditegaskan tidak akan terpengaruh dengan kondisi koalisi partai politik.

“Kami akan setia dengan apa yang telah dijalani. Kami menghargai keterlibatan rakyat. Kami akan setia menggunakan hasil Musra ini sebagai titik pijak melangkah ke depan. Hasil tidak akan kita ubah sesuai kondisi,” tegasnya.(J0

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *