Ukrida Raih Gold Winner Anugerah Diktiristek 2023

  • Bagikan
Ukrida Raih Gold Winner Anugerah Diktiristek 2023

JAKARTA (Waspada): Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) meraih Gold Winner dalam Anugerah Kelembagaan Diktiristek 2023 sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2023 Liga 3 Regional I.Penghargaan tersebut sesuai Keputusan Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Kemendikbudristek Nomor 7621/E3/PN.04/2023 tertanggal 11 Desember 2023. 

Ukrida memperoleh hibah PKKM untuk Program Studi Akuntansi (tahun 2022) serta Program Studi Informatika, Manajemen, Institutional Support System (ISS) MBKM (tahun 2023), dimana perolehan hibah tersebut berdampak besar untuk implementasi MBKM dan pencapaian kinerja utama perguruan tinggi, karena dasar penilaian atau kriteria penerima penghargaan meliputi Indikator capaian, indicator kinerja utama (IKU), dan kinerja pengelola.

Rektor Ukrida, Dr dr Wani Devita Gunardi, serta Wakil Rektor  Dr Lidia Sandra, hadir dalam acara Malam Anugerah Diktiristek yang bertajuk “Membangun Negeri Melalui Transformasi Pendidikan,” Rabu (13/12/2023) di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta.

Dalam acara ini diserahkan pula penghargaan kepada para pemangku kepentingan Ditjen Diktiristek yang telah mendukung pendidikan tinggi, program kebijakan pengembangan riset dan teknologi. Gold Winner Anugerah Kerjasama kategori Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) juga diraih oleh LLDikti Wilayah III, untuk sub-kategori Penguatan/Fasilitasi Kerjasama terbaik.  

Plt. Dirjen Diktiristek, Prof Nizam, mengatakan bahwa transformasi pendidikan tinggi selama empat tahun terakhir telah berlangsung akseleratif melalui program merdeka belajar kampus Merdeka (MBKM). Nizam juga menyampaikan laporan Global Innovation Index, bahwa Indonesia mengalami kenaikan peringkat dari peringkat 35 di tahun 2020, menjadi peringkat 5 di akhir tahun 2023.

“Salah satu indikatornya adalah kolaborasi kampus dengan dunia usaha dan dunia industri dalam riset dan pengembangan,” ujar Nizam dalam sambutannya.

Sekjen Kemendikbudristek, Suharti, mengatakan bahwa transformasi pendidikan melalui MBKM telah mengasah keterampilan mahasiswa dari berbagai sisi, dan harapannya program MBKM dapat terus dirasakan manfaatnya oleh banyak pihak.

Rektor Ukrida Wani Devita Gunadi mengatakan, pelaksanaan PKKM, termasuk oleh Ukrida, ditujukan untuk meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan tinggi. Hal itu ditandai dengan memfasilitasi aspirasi, inovasi, dan semangat sivitas akademika dalam merespon dan mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dinamika kehidupan masyarakat yang terjadi.

Wani juga berharap, Ukrida sebagai bagian dari perguruan Tinggi Liga-3 diharapkan dapat mendorong pengembangan inovasi Perguruan Tinggi di bidang pembelajaran dengan menerapkan kebijakan Kampus Merdeka agar secara langsung serta meningkatkan mutu dan efektivitas pembelajaran. 

“Dalam Liga 3, peningkatan mutu pembelajaran diharapkan mencakup pemutakhiran kurikulum yang memenuhi standar nasional pendidikan tinggi, dimana Ukrida menyusun kurikulum bersama mitra eksternal perguruan tinggi dari dunia usaha dan dunia industri,” imbuh Wani. 

Kepala Unit Pengembangan Kreativitas Akademik (PKA) Ukrida yang juga Koordinator pengelolaan Hibah, Mata Kuliah Wajib, dan MBKM,  Prasasti Peranginangin mengatakan, target capaian Liga 3 PKKM oleh Ukrida pada tahun 2024, yaitu semua program studi berlanjut untuk tahun ke-2 dan ISS berlanjut untuk tahun ke-2.

“Kami menargetkan penyerapan akselerasi MBKM meningkat 100  persen,” kata Prasasti.

Testimoni beberapa orang mahasiswa yang ikut serta dalam PKKM mengatakan bahwa tidak semua mahasiswa memiliki kesempatan mengikuti PKKM, baik untuk program magang/praktik kerja, mengajar di sekolah, pertukaran mahasiswa di dalam dan luar negeri, penelitian, kegiatan kewirausahaan, studi/proyek independen, dan proyek kemanusiaan. Karena itu, bagi mahasiswa yang berhasil mengikuti seleksi hingga masuk ke dalam PKKM memiliki kebanggaan tersendiri, dengan memanfaatkan kesempatan itu sebaik mungkin dan mencari pengalaman sebanyak mungkin dari mengikuti PKKM.

Mereka tidak sekadar mengikuti program, tetapi juga memperdalam apa yang telah diperoleh agar membawa dampak, baik saat ini maupun masa depan, karena pengalaman tersebut tidak diperoleh saat di kampus. Mereka menyampaikan sebuah quotes demikian bahwa tidak harus menjadi hebat untuk memulai, tetapi harus memulai untuk menjadi hebat.

Program PKKM memberikan nilai untuk mahasiswa/i yang dapat membawa universitas untuk selalu relevan pada masanya masing-masing. Program Studi Akuntansi Ukrida sudah menjalani dua kali program PKKM, oleh sebab itu untuk program studi lainnya diharapkan dapat menjalani program PKKM juga secara berkelanjutan. Sejak tahun 2020, Ukrida sudah memiliki tim satgas 9 bentuk kegiatan pembelajaran (BKP) MBKM, yang diketua oleh Wakil Rektor I Bidang Pengembangan Akademik, SDM, Inovasi, dan Kerjasama Ukrida, Dr. Lidia Sandra dan pada saat ini telah terdapat Unit Pengembangan Kreativitas Akademik yang didalamnya mengelola hibah, Mata kuliah wajib universitas dan MKBM.

Ukrida sebagai pelaksana Tridharma perguruan tinggi dengan motto Lead to Impact terus memperkuat komitmennya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dan membuktikannya dengan perolehan Gold Winner sebagai pelaksana Program Kompetisi Kampus Merdeka 2023 Liga 3 Regional I.  (J02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *