Mahasiswa Ukrida Raih 4 Medali Emas Kemenpora di Ajang Mok’s Championship 5

  • Bagikan
Mahasiswa Ukrida Raih 4 Medali Emas Kemenpora di Ajang Mok's Championship 5

JAKARTA (Waspada): Mahasiswa Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) berhasil meraih 4 medali emas dalam ajang
Mok’s Taekwondo Championship 5, yang digelar Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Pertandingan berlangsung pada 24-25 Februari 2024 di Gedung Olahraga (GOR) Dempo Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan.

Davinson Rayvalno dari Program Studi Akuntansi menyumbangkan satu medali emas untuk kategori Kyorugi senior putra. Sementara Desintha Ayuningsih Nautu juga dari Program Studi Akuntansi, meraih prestasi serupa untuk kategori Kyorugi senior putri.

Angel Veronica Desy dari Program Studi Keperawatan turut menyumbang medali emas untuk kategori Kyorugi senior putri. Sedangkan Jessica Putri Mangginsila dari Program Studi Kedokteran berhasil meraih medali emas untuk kategori Poomsae senior putri.

Para mahasiswa yang menjadi bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ukrida ini berada di bawah binaan pelatih Jimy Indrawinata, yang sekaligus merupakan atlet nasional Taekwondo peringkat Dan 5.

Wakil Rektor III Ukrida Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan, dr. Theresia Citraningtyas Budianta, MWH, Ph.D., Sp.KJ., menyambut gembira prestasi yang diperoleh para mahasiswa Ukrida ini.

“Saat saya melihat mereka berlatih, saya sangat terkesima. Mereka sangat disiplin berlatih tanpa memikirkan untuk menjadi juara, bahkan dari mereka ada yang semula mengikuti latihan Taekwondo hanya untuk melindungi diri, tetapi kemudian malah menjadi juara dan memperoleh medali emas,” ujar Citraningtyas.

Latihan yang tekun serta terus dimotivasi oleh pelatih membuat mereka percaya diri, dan ini menjadi bagian dari pengembangan karakter, kepribadian, potensi mereka sehingga memperoleh hasil optimal,” sambung Citraningtyas.

Kepala Unit Pengembangan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Ukrida, Rudiyanto Daniel Hutapea, S.E., M.M., juga bangga atas prestasi yang diraih atlet Taekwondo Ukrida.

Dia mengatakan, saat ini tim atlet Taekwondo Ukrida melanjutkan berlatih dengan giat untuk fokus mengikuti Kejuaraan Internasional Taekwondo di Thailand, Agustus 2024. 

“Terlebih keikutsertaan ini akan turut membawa nama negara Republik Indonesia. Ukrida tentunya sangat memberi perhatian terhadap ini, dan melalui keikutsertaan para atlet Taekwondo Ukrida di setiap turnamen akan meningkatkan sportivitas, kekompakan, dan daya juang mereka,” ujar Rudiyanto.

Sementara itu, Davinson Rayvalno, salah seorang atlet Taekwondo Ukrida, menuturkan dia tertarik mengikuti olah raga beladiri Taekwondo sejak tamat SMA. Davinson yang selama di Ukrida sudah mengikuti enam kejuaraan menceritakan bahwa instruksi yang diberikan oleh pelatih atau Sabeum Jimy Indrawinata cukup mudah dicermati dan sangat memotivasi serta meningkatkan disiplin.

“Perolehan medali emas ini sangat membanggakan bagi saya. Terlebih lagi bisa membanggakan almamater saya,” kata Davinson.

Desintha Ayuningsih Nautu yang juga meraih medali emas menceritakan pengalamannya mengikuti UKM Taekwondo Ukrida sejak menjadi mahasiswa. Saat itu terpikir ikut Taekwondo untuk perlindungan diri melalui beladiri, dan ada kebanggaan saat ini walaupun belum genap setahun mengikuti latihan sudah meraih prestasi.

Menurut Desintha, diperlukan ketekunan, kesabaran, dan disiplin diri, serta fokus dalam setiap latihan. Baginya Ukrida mendukung dengan fasilitas yang diperlukan, termasuk dispensasi saat harus meninggalkan sementara perkuliahan.

UKM Taekwondo Ukrida yang berdiri pada tahun 2006 meraih banyak prestasi di berbagai kejuaraan antara lain Independence Cup se-DKI-Jawa tahun 2008 meraih 2 emas. Kemudian di Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (Pomda) II Propinsi DKI Jakarta tahun 2008 meraih 2 perak

Selain itu, pada Kompetisi Nasional Taekwondo Kapolri Cup di GOR POPKI Cibubur tahun 2018, Ukrida meraih 9 emas dan 4 perak

Kejuaraan Kemenpora RI Mok’s Taekwondo tahun 2020 meraih 7 medali emas dan 2 medali perak. Pada New York Eagles International Taekwondo Championship tahun 2021 meraih 6 medali Emas, dan 2 medali Perak

Di Kompetisi Nasional Taekwondo Cup Kapolri di GOR POPKI Cibubur tahun 2022 meraih 2 emas dan 8 perak. Juga di Kejuaraan Nasional Kemenpora RI tahun 2022 (online) meraih 5 medali perak dan 5 medali perunggu untuk kategori Poomsae

Pada Kejuaraan Nasional Prabu Taekwondo Challenge VI tahun 2023 meraih 6 medali emas dan 2 medali perak. Selain itu, pada Kejuaraan Nasional Danrem 052/Wijayakrama tahun 2023 meraih 2 medali emas, 7 medali perak, dan 1 medali perunggu. Lanjut pada  Kejuaraan Nasional Kemenpora RI Mok’s Taekwondo 5 tahun 2024 meraih 4 medali emas.

“Pencapaian gemilang ini menjadi bukti nyata komitmen Ukrida dalam memperhatikan dan mengembangkan prestasi akademik dan non-akademik mahasiswanya yang mampu bersaing di kancah nasional bahkan internasional. Ukrida secara konsisten membawa semangat Lead to Impact yang mendorong para mahasiswa untuk meraih prestasi sebagai upaya memberikan dampak positif bagi masyarakat,” pungkas Citraningtyas. (J02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *